Tuesday, March 6, 2018

Pasar OBAL ABEL Petanahan

Angkat Produk Lokal, BUMDes Trimitra Gelar Pasar Obal Abel


Potensi produk lokal di masing-masing desa di Kabupaten Kebumen sangat melimpah termasuk olahan produk makanan. Untuk lebih mengangkat potensi tersebut, maka Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Trimitra menggelar Pasar Obal Abel, Rabu (14/2/2018) di Kecamatan Petanahan.
BUMDes Trimitra merupakan kesatuan BUMDes desa-desa di tiga Kecamatan yaitu Puring, Petanahan dan Klirong. Sedikitnya ada 27 dari tiga kecamatan yang turut ambil bagian untuk memasarkan produk olahan baik makanan, minuman dan bentuk kerajinan seperti sagon, natadecoco, dan lain sebagainya.
Pendamping desa di Kecamatan Petanahan, Masruri (23) mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengangkat produk lokal dari setiap desa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut surat edaran bupati tentang soal ASN untuk membeli produk lokal dengan alamat golongan tertentu.
Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Petanahan dan akan dilakukan rutin, "ungkapnya.
Dijelaskan, Pasar Obal Abel merupakan singkatan dari Olahan Barang Lokal Ayo Belanja Lagi. Hal itu diharapkan menjadi semangat sekaligus motivasi agar produk lokal dapat bersaing dan lebih dikenal secara meluas di masyarakat. 
Harapannya pengusaha lokal maupun masyarakat yang memiliki produk serupa dapat terbantu pemasarannya, "tuturnya.
Tempat desa yang terlibat di Kecamatan Petanahan mencakup Desa Munggu, Karangreja, Kewangunan, Petanahan, Karanggadung, Tegalretno, Grogol beningsari, Grogol Penatus, Jagamertan, Tanjungsari, Grujugan, Nampudadi, Podourip, Tresnorejo, Karangduwur, Kebonsari.
Sementara Kecamatan Klirong meliputi Desa Klirong, Kedungwinangun, Kedungsari, Pandanlor, Gadungrejo, Tanggulangin, Gebangsari, dan Jatimalang. Untuk Kecamatan Puring Luas Desa Karandegan, Sitiadi, dan Purwosari.

No comments:

Manfaat minyak VCO KELAPA ASLI

MANFAAT MINYAK VCO LENGKAP UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN   COCO HERBAL VIRGIN COCONUT OIL Semakin familiarnya Manfaat Min...